Anjuran Mengubur di Pemakaman Khusus Muslim untuk Orang Islam

pemakaman khusus muslim

Apakah orang Islam atau muslim ketika meninggal dunia harus dikuburkan di pemakaman khusus muslim? jawabannya adalah benar, dan ini sudah ada sejak jaman Rasulullah bahwa makam orang muslim harus terpisah dengan kuburan orang kafir atau non muslim.

Ini berdasarkan hadist shahih dan juga pendapat para ulama yang menganjurkan bahwa kuburan orang muslim tidak dicampur dengan orang kafir non muslim.

TPU atau Tempat Pemakaman umum di daerah-daerah Indonesia memang rata-rata campur, tetapi kebanyakan TPU itu di isi oleh mayoritas penduduk setempat yang biasanya agamanya sama, umumnya adalah Islam.

Kuburan di Indonesia pada umumnya di isi oleh jenazah orang-orang dari daerah tersebut, contohnya di suatu daerah mayoritas beragama Islam. Selain itu, biasanya pemilihan lokasi penguburan juga mengikuti lokasi tempat dimana keluarganya dimakamkan, misalnya kakek, nenek, orang tua, maka anak-anaknya juga diusahakan dimakamkan di lokasi kuburan yang sama.

Sebuah hadist Rasululllah yang disepakati para ulama yang menunjukkan bahwa makam orang muslim dan non muslim atau kafir dipisah

Dari Basyir bin Al Khashashiyyah radhiyallahu ‘anhu berkata ; Ketika aku sedang berjalan bersama Rasulullah SAW. Beliau melewati pekuburan kaum muslimin seraya berkata : Mereka telah mendapatkan kebaikan yang banyak. Kemudian beliau melewati pekuburan kaum musyrikin dan berkata : Mereka telah mendahului kebaikan yang banyak (dalam riwayat lain beliau berkata : mereka telah luput dari kebaikan yang banyak).

(Hadis shahih riwayat Abu Dawud dan dishahihkan oleh Imam Albani di dalam Shahih sunan Abi Dawud ; 2767, Shahih Sunan An Nasa’I ; 1935, Shahih Sunan Ibnu Majah ; 1274)

sumber: bimbinganislam.com

Penyebutan pekuburan diartikan satu areal pemakaman, bukan satu makam saja. Orang musyrik, kafir adalah sama mereka orang non muslim, karena menyekutukan Allah.

Pemakaman Khusus Muslim di Indonesia

Salah satu pemakaman di Indonesia yang mengkhususkan hanya boleh untuk orang muslim adalah Al Azhar Memorial Garden di Karawang yang dikelola sejak 2011 oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar dan PT. Nuansa Usaha Mandiri.

Berkonsep kuburan taman makam yang sesuai syariat Islam, dirawat dan dikelola untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung yang berziaroh.

Menyediakan lahan kuburan untuk peristirahatan yang terbaik di masa depan, karena “berpulang kepada Allah” adalah sebuah kepastian bagi setiap manusia. Sedangkan dikuburkan di pemakaman khusus muslim dan sesuai syar’i akan menjadi amal pahala keluarganya yang masih hidup, karena orang meninggal sudah lepas dari urusan dunia.

Harga makam Al Azhar Memorial Garden ada berbagai pilihan sesuai luas dan jumlah lubang kuburnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: MOHON TIDAK MENYALIN KONTEN GAMBAR & TULISAN TANPA IZIN!!
Gulir ke Atas